Kamis, 23 Juli 2009

BRIKET BATUBARA, ENERGI ALTERNATIF

Ditulis Oleh Administrator
Senin, 08 September 2008

ImagePt. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero), Tbk – Unit Pengembang Briket

LATAR BELAKANG :

Akhir - akhir ini harga bahan bakar minyak dunia meningkat pesat yang berakibat pada meningkatnya harga jual bahan bakar minyak (termasuk minyak tanah) di Indonesia. Minyak tanah di Indonesia yang selama ini di subsidi menjadi beban yang sangat berat bagi pemerintah Indonesia karena nilai subsidinya meningkat pesat menjadi lebih dari 49 trliun per tahun (dengan pengunaan lebih kurang 10 juta kilo per tahun). Untuk mengurangi beban subsidi tersebut maka pemerintah Indonesia berusaha mengurangi subsidi yang ada dan dialihkan menjadi subsidi langsung pada masyarakat miskin.

Namun untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM dalam hal ini minyak tanah diperlukan bahan bakar alternatif yang murah dan mudah didapat. Briket Batubara merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari batubara merupakan bahan bakar alternatif atau pengganti minyak tanah yang paling memungkinkan dikembangkan secara masal dalam waktu yang relatif singkat.

BRIKET BATUBARA

Briket Batubara adalah bahan bakar padat yang terbuat dari batubara dengan sedikit bahan campuran seperti tanah liat dan tapioka. Briket Batubara mampu menggantikan sebagian dari kegunaan minyak tanah seperti untuk : Pengolahan Makanan (memasak), Pengeringan, Pembakaran dan Pemanasan (penghangat). Bahan baku utama Briket Batubara adalah batubara yang sumbernya berlimpah di Indonesia dan mempunyai cadangan untuk selama lebih kurang 150 tahun. Teknologi pembuatan briket tidak terlalu rumit dan dapat dikembangkan dalam waktu singkat. Indonesia sebetulnya telah mengembangkan Briket Batubara sejak tahun 1994 namun tidak dapat berkembang dengan baik karena minyak tanah masih tetap disubsidi sehingga harganya masih sangat murah, sehingga masyarakat masih lebih memilih minyak tanah untuk bahan bakar sehari – hari. Namun dengan kenaikan harga BBM pada 1 Oktober 2005 ini mau tidak mau masyarakat harus berpaling pada bahan bakar alternatif yang murah.

Bahan Baku Briket Batubara terdiri dari : 82% batubara, 15% tanah liat dan 4% tapioka. Tanah liat selain berfungsi sebagai penguat briket juga berfungsi sebagai stabilisator panas. Sedangkan tapioka berfungsi sebagai perekat untuk memudahkan pencetakan.

JENIS – JENIS BRIKET BATUBARA :

Dari proses produksi :

  1. Briket dikarbonisasi
  2. Briket tanpa dikarbonisasi

Dari bentuk :

  1. Briket tipe telur
  2. Briket tipe sarang tawon

Briket Batubara Berkarbonisasi :

Briket batubara berkarbonisasi adalah briket batubara yang bahan bakunya (batubara) dikarbonisasi sebelum menjadi briket. Dengan karbonisasi zat – zat terbang yang terkandung dalam batubara tersebut dalam batubara diturunkan serendah mungkin sehingga produk akhirnya tidak berbau dan berasap. Namun akibatnya biaya produksi meningkat karena pada batubara tersebut terjadi rendemen 50%. Produk PT Bukit Asam untuk jenis ini disebut Briket Super. Briket batubara jenis ini aman digunakan untuk rumah tangga sekalipun.

Briket Batubara Tanpa Karbonisasi :

Briket jenis ini dikembangkan untuk menghasilkan produk yang lebih murah namun tetap aman. Bahan baku batubara untuk briket jenis ini tidak dikarbonisasi sebelum diproses menjadi briket. Untuk mengurangi / menghilangkan zat terbang yang masih terkandung dalam briket batubara maka pada penggunaannya harus menggunakan tungku yang benar sehingga menghasilkan pembakaran sempurna dimana seluruh zat terbang yang muncul dari briket akan habis terbakar oleh lidah api dipermukaan tungku. Briket ini dianjurkan untuk industri kecil.

PENGGUNAAN BRIKET BATUBARA

Setelah hampir sepuluh tahun dikembangkan , Briket Batubara saat ini banyak digunakan untuk Peternakan Ayam sebagai penghangat anak ayam DOC (Day Old Chicken), Rumah Makan, Pengeringan Tembakau, Industri Kecil Pengolahan Makanan, Dapur Umum Pondok Pesantren dll.

TUNGKU BRIKET BATUBARA

Pengembangan Briket Batubara harus dibarengi dengan pengembangan tungkunya. Prinsip pada pembuatan tungku briket batubara adalah :

· Ada ruang bakar untuk briket batubara,

· Adanya aliran udara (oksigen) ddari lubang bawah yang menuju ke lubang atas dengan melewati ruang bakar briket batubara terdiri dari aliran udara primer dan sekunder.

· Ada ruang untuk menampung abu briket batubara di bawah ruang bakar briket.

Pada prinsipnya Tungku Briket Batubara dibagi menjadi dua yaitu :

  • Tungku Portabel, biasanya memuat antara 1 s/d 8 kg batubara dan dapat dipindah-pindahkan. Tungku ini biasanya digunakan untuk rumah tangga, rumah makan, peternakan ayam dll.
  • Tungku Permanen, biasanya memuat lebih dari 8 kg briket dan dibuat secara permanent. Tungku ini biasanya digunakan untuk dapur-dapur umum, pembuatan tahu, tempe dll.

LIMBAH (ABU) BRIKET BATUBARA

Pembakaran briket batubara akan menyisakan limbah atau abu. Abu tersebut berasal dari batubara tercampur dengan abu tanah liat dan tapioka. Abu briket batubara dapat dimanfaatkan untuk : campuran pembuatan conblock, genteng beton, batako dan dijadikan pupuk tanaman.

PRODUKSI BRIKET BATUBARA SAAT INI

Produsen terbesar Briket Batubara di Indonesia saat ini PT TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM (Persero) Tbk., atau PTBA, yang mempunyai 3 pabrik dengan kapasitas total 115.000 ton per tahun. Di samping PTBA, terdapat beberapa perusahaan lain yang juga memproduksi Briket Batubara tetapi jumlahnya jauh lebih kecil dibanding PTBA dan belum berproduksi secara kontinyu.

KEUNGGULAN BRIKET BATUBARA :

· Lebih murah,

· Panas yang tinggi dan kontinyu sehingga sangat baik untuk pembakaran yang lama dan kontinyu,

· Tidak beresiko meledak / terrbakar,

· Tidak mengeluarkan suara bising dan tidak berjelaga.

· Sumber batubara berlimpah sehingga dapat diandalkan untuk jangka panjang.

Namun demikian briket mempunyai keterbatasan yaitu waktu penyalaan awal yang memakan waktu 5 – 10 menit dan briket batubara hanya efisien jika digunakan untuk jangka waktu diatas 2 jam.

Teoritis

No

PARAMETER

MINYAK TANAH

BRIKET NON KARBONISASI

1

  • Nilai Kalori
  • Ekivalensi

9.000 kkal/liter

1 liter

5.400 kkal/kg

1.66 kg

Praktis

No

PARAMETER

MINYAK TANAH

PEMAKAIAN BRIKET NON KARBONISASI

UKURAN TUNGKU BRIKET

2

  1. Rumah Tangga

(Keluarga terdiri dari 5 org) per hari

1 liter

1 kg

1 -2 kg

  1. Rumah Makan, per hari

1 liter

1 kg

4 – 10 kg

  1. Pondok Pesantren, per hari

1 liter

1 kg

10 – 20 kg

  1. Peternakan Ayam, per siklus 2 mingguan

1 liter

0,85 kg

5 – 6 kg

  1. Perebusan Kerang, per siklus 5 jam

1 liter

1 kg

30 kg

KEUNTUNGAN NASIONAL DALAM MENGEMBANGKAN BRIKET :

· Penghematan nasional

Pabrik briket batubara PTBA saat ini mempunyai kapasitas terpasang 115.000 ton per tahun dan dalam waktu dekat akan menambah kapasitas produksi menjadi 1.615.000 ton per tahun.

Dengan harga minyak mentah dunia saat ini yang sangat tinggi dan nilai tukar US dollar diatas Rp. 10.000,- maka harga pasar minyak tanah adalah Rp. 5.600,- per liter. Dengan harga jual Rp. 2.000,- per liter terdapat maka subsidi sebesar Rp. 3.600,- per liter sehingga apabila konsumsi minyak tanah Indonesia rata – rata saat ini per tahun adalah 10 juta kilo liter maka terdapat subsidi untuk minyak tanah sebesar Rp. 36 triliun.

Secara praktis penggunaan minyak tanah 1 liter setara dengan 1 kg briket batubara. Produksi briket batubara 1 kg untuk menggantikan minyak tanah maka Negara akan menghemat Rp. 3.600,- maka dengan memproduksi 1.615.000 ton per tahun maka penghematan Negara adalah sebesar Rp. 5,8 triliun.

Dengan melibatkan pihak swasta untuk memproduksi briket batubara lebih banyak lagi maka penghematan Negara akan lebih besar lagi.

  • Membantu melindungi hutan dari kegundulan

Selama ini banyak sektor industri kecil memanfaatkan kayu bakar yang diambil dari hutan sebagai bahan bakar sehingga mengakibatkan penggundulan hutan. Dengan mengembangkan briket batubara maka pelaku Industri Kecil yang selama ini menggunakan kayu bakar dapat menggunakan briket batubara dan hal ini akan mempertahankan populasi hutan.

  • Menciptakan lapangan kerja

Pengembangan briket batubara akan menyerap banyak tenaga kerja untuk keperluan pabrik briket , sebagai pemasok bahan baku, distributor dan penyalur, transportasi bahan baku dan briket batubara, pembuat tungku briket batubara dll.

Waktu Update ( Senin, 08 September 2008 )

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda